Rabu, 02 Mei 2012

HARDIKNAS 2012 : GENERASI EMAS INDONESIA


HARDIKNAS 2012
                  
Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2012 dilakukan serentak di seluruh sekolah dan universitas serta kantor pemerintahan se Indonsia, hari ini 2 Mei 2012. Logo yang dimunculkan oleh berwenang juga memiliki makna yang sangat mendalam bagi kemajuan bangsa ini.

“Bangkitnya generasi emas di Indonesia”, sebuah  rangkaian kalimat yang menjadi logo peringatan Hardiknas tahun ini harus di pahami oleh para pendidik seperti kami dengan rangkaian tanggung jawab yang sangat berat namun menjadi suatu “keharusan” bagi kami untuk berkiprah secara optimal dalm menciptakan kader bangsa generasi “emas” ini.

Generasi Emas, hanya bisa dihasilkan dari anak didik yang memiliki “karakter” dan “integritas” yang baik, dimana kejujuran ilmiah, dan  tanggung jawab menjadi modal utama yang harus dimiliki oleh anak negri ini. Generasi emas juga hanya bisa dihasilkan dari sekelompok anak muda yang bekerja keras tanpa pamrih, mengutamakan  kepentingan bangsa dan tanah air daripada kepentingan diri sendiri, serta rela berkorban bagi kemajuan bangsa dan negaranya.

Persoalan berikutnya adalah, apakah mereka bisa menjadi generasi emas dengan deretan indikator yang di tulis diatas, jika di didik oleh para guru dan dosen yang tidak memiliki karakter  yang sama? Tentu, suatu hal yang mustahil akan terlahir anak didik yang “berkarakter” jika di didik oleh guru dan dosen yang “tidak berkarakter”. 

Seketika seseorang memutuskan jalan hidupnya menjadi seorang pendidik, maka seketika itu pula ia memproklamasikan dirinya menjadi seorang individu yang tak pernah berhenti untuk “belajar”, terutama belajar menjadi pendidik yang “berkarakter”………. Saatnya bagi kita, para guru/dosen Indonesia utk kontemplasi “what we have done” ?
“SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL”, semoga kita dapat menjalankan amanah ini dengan semangat seutuhnya untuk melahirkan “GENERASI EMAS INDONESIA”

Tidak ada komentar: